Iklan

10 Cara Agar Akun Medsos Tetap Selalu Aman

Lokerpaten.com
Juli 03, 2018, Juli 03, 2018 WIB Last Updated 2018-07-03T14:34:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
10 Cara Agar Akun Medsos Tetap Selalu Aman
Setiap orang yang berselancar di internet, khususnya pengguna akun media sosial (Medsos). Pastilah ingin memiliki serta menjaga akun medsos agar aman dari pishing, hacker dan lainnya. Yuk, kali ini Admin akan membahas apa saja sih yang perlu disiapkan agar akun medsos kamu di dunia maya bisa tetap aman tanpa ada satu orang pun yang berusaha untuk membobol dan memakainya tanpa sepengetahuan kamu.

Media sosial yang paling banyak digunakan saat ini diantaranya seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, BBM, Line, Google+ serta media sosial yang lainnya. Karena banyaknya pencurian akun medsos hingga saat ini, maka Anda wajib untuk mengikuti langkah-langkah serta tips dan trik yang saya jelaskan dibawah ini.

Agar akun medsos Anda selalu aman. Pencurian atau diambil alih akun medsos oleh orang lain bisa berdampak negatif serta bisa di salah gunakan seperti tindak kejahatan dan penipuan. Tanpa panjang lebar lagi, mari simak ulasan nya berikut ini.

10 Cara Agar Akun Media Sosial (Medsos) Tetap Selalu Aman

1. Gunakan Username dan Password Yang Unik

Usahakan Anda menggunakan username dan password yang menurut Anda unik. Sehingga orang lain tidak akan pernah mengetahui bahwa itu merupakan password Anda. Saya sendiri sangat sering menggunakan sebuah kalimat untuk dijadikan password pada akun medsos yang saya miliki. Bahkan saya juga menggabungkan angka didalam password tersebut. Mungkin jenis password seperti ini agak ribet karena susah untuk diingat, tapi justru password seperti inilah yang membuat akun media sosial kita susah untuk dibobol atau dicuri oleh pelaku cyber crime.

2. Masukkan Password Dengan Cara Copy Paste

Nah, jika Anda adalah orang yang sering sekali membuka akun media sosial di Warnet, alangkah baiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu username serta password nya di notepad. Setelah itu silakan Anda copy username dan password yang di notepad tadi, kemudian Anda pastekan ke akun media sosial kamu. Dengan cara ini dipastikan kamu akan mencegah metode para penjahat cyber untuk mencuri akun medsos kamu dengan cara keylogger. Jika tidak paham dengan keylogger silakan kamu browsing ya.

3. Hapus Cache dan History Pada Browser

Setelah kamu selesai berselencar di internet dengan menggunakan browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan browser lainnya. Sebaiknya kamu segera untuk melakukan penghapusan cache maupun history browser. Karena jika kamu tidak menghapus cache dan history nya, biasanya didalam history tersebut masih terimpan password yang sudah kamu ketik dan pakai pada browser tersebut. Hal ini memudahkan seseorang akan mengambil alih akun media sosial kamu.

4. Jangan Mudah Percaya Dengan Iming-iming di Internet

Yang di maksud dengan iming-iming disini misalkan "Boom Like dan Comment maka kamu akan masuk surga, caranya hanya memasukkan email dan password kalian pada link ini". Jika kamu mendapatkan kata-kata seperti itu, sebaiknya jangan kamu lakukan dan abaikan saja. Karena metode seperti itu di sebut dengan "Pishing". Dan apabila Anda tetap melakukan perintah dari si pembuat iming-iming tersebut, maka username dan password yang telah kamu masukkan tadi akan secara otomatis dapat diketahui serta bisa digunakan secara bebas oleh si pembuat pishing tersebut.

5.  Hindari Orang di Samping Mu Melihat Password Yang Kamu Ketik

Pada saat Anda berada diluar rumah, misal lagi berada di taman atau tempat nongkrong. Hindarilah orang lain yang ada didekat mu untuk melihat atau mengintip password yang kamu ketikan ke akun medsos mu. Jika ini terjadi maka akan berdampak fatal bagi akun medsos kamu.

6.  Apabila Kamu Memilik Akun Medsos Lebih Dari Satu

Hal yang perlu dilakukan jika Anda memiliki akun medsos lebih dari satu adalah Anda sebaiknya membuat username dan password yang berbeda dengan akun yang lainnya. Misalnya akun Facebook Anda memiliki password : indonesia1. Maka password yang harus Anda pakai pada akun instagram misalnya memiliki password : indonesiaraya2. Dan seterusnya pada akun medsos Anda lainnya. Tapi harus tetap mengingat semua password akun medsos Anda ya. Agar tidak kesulitan pada saat ingin Login.

7.  Bila Anda Menggunakan Wifi

Jika Anda sedang berselancar di dunia maya, tapi menggunakan layanan wifi yang ada di cafe, taman atau kampus. Sebaiknya Anda tidak memasukkan email dan password pada saat tiba-tiba muncul pop-up yang menyuruh Anda untuk memasukkan email dan password Anda. Karena hal tersebut bisa saja ulah dan metode yang digunakan oleh cyber crime yang ingin mengambil akun medsos Anda.

8. Selalu Meyimpan Password Anda

Sebaiknya Anda menyimpan username dan password, serta semua data yang berhubungan dengan akun medsos Anda. Misalkan tanggal pada saat Anda pertama kali membuat akun medsos tersebut pada aplikasi note maupun buku yang sering Anda gunakan untuk menulis. Karena pada saat akun medsos Anda dibobol oleh cyber crime, Anda masih dapat mengganti passwordnya dengan cara memasukkan data tanggal pembuatan akun medsos Anda tadi.

9. Hati-hati Jika Jual Beli Akun Medsos

Jika Anda berkeinginan untuk memperjual belikan akun medsos Anda, sebaiknya Anda menggunakan pihak ketiga atau sering disebut Jasa Rekber (Rekening Bersama). Supaya menghindari terjadinya penipuan.

10. Jangan Memberikan Email dan Password Anda ke Orang Lain

Yang terakhir adalah jangan pernah Anda lakukan hal bodoh dengan cara memberikan email dan password akun medsos Anda kepada orang lain, baik yang dikenal maupun yang tidak Anda kenal. Karena itu sangat berbahaya bagi akun medsos dan juga privacy Anda. Pokoknya jangan pernah memberikan email dan password akun medsos Anda ke orang lain dengan alasan apa pun itu. Jika Anda tidak ingin menerima resiko yang akan ditimbulkan kedepannya.


Demikianlah 10 Cara Agar Akun Media Sosial (Medsos) Tetap Selalu Aman. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda melakukan 10 cara yang sudah saya jelaskan diatas, mudah-mudahan akun medsos Anda akan aman dan baik-baik saja. Tanpa disalah gunakan oleh orang lain untuk kejahatan.
Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+