Iklan

5 Cara Mengatasi Sinyal XL Yang Hilang Tiba-tiba

Lokerpaten.com
Juli 02, 2018, Juli 02, 2018 WIB Last Updated 2018-07-02T06:04:31Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
5 Cara Mengatasi Sinyal XL Yang Hilang Tiba-tiba
Cara Mengatasi Sinyal XL Yang Hilang - Anda lagi asik chat di medsos dengan seseorang di smartphone android Anda, dan tiba-tiba sinyal XL nya hilang? Anda tidak perlu panik jika mengalami hal tersebut. Cara mengatasi sinyal XL yang hilang tiba-tiba, selain tidak bisa melakukan panggilan telepon, SMS dan juga jaringan internet yang tidak terhubung.

Untuk mengatasi problem tersebut seringkali pengguna msartphone menyalahkan jaringan provider yang dia gunakan karena selalu mengalami gangguan jaringan. Problem internet yang lemot dan juga sinyal yang hilang secara tiba-tiba sebetulnya disebabkan oleh masalah yang mudah dan sering sekali Anda lakukan.

Jika Anda pengguna setia yang selalu memakai internet dengan kartu XL sudah pasti Anda tidak ingin untuk meninggalkan provider tersebut. Karena ada nya promo kouta internet XL yang selalu ada dan dengan harga yang terjangkau murah.

Tapi, ada yang menjadi problem atau masalah pada waktu asik browsing atau sedang seru menonton video di Youtube tiba-tiba saja jaringan XL yang Anda gunkan hilang. Masalah inilah yang sering sekali terjadi di daerah pelosok, serta saat ketika berada didalam gedung.

Internet yang disediakan XL tidak hanya digunakan di smartphone android saja, melainkan bisa juga Anda gunakan untuk modem yang dihubungkan ke internet komputer Anda. Saat ini jaringan terbaik yakni Jaringan 4G (LTE).

Dimana sebelumnya yang menjadi idola para penikmat internet adalah jaringan 3G atau H+ dan juga jaringan 2G. Lalu bagaimankah cara mengatasi jaringan internet XL yang tiba-tiba hilang? Berikut tips cara mengatasinya.

5 Cara Mengatasinya Dengan Cepat Sinyal XL Yang Hilang Dengan Tiba-tiba

1. Lakukan Restart, Mode Pesawat Atau Matikan Jaringan Internet

Langkah awal yang sangat efektif untuk menampilkan kembali sinyal XL adalah dengan melakukan restart pada smartphone Anda. Jika Anda tidak ingin melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan mode pesawat saja lalu aktifkan kembali. Bisa juga dengan cara mematikan jaringan internet yang sedang Anda gunakan hinggat saat aktif kembali maka jaringan XL tersebut akan mencari jaringan baru.

2. Memilih Jaringan 4G LTE, 3G atau 2G

Dengan melakukan pemilihan jaringan sinyal pada provider XL yang Anda gunakan sesuai lokasi daerah Anda merupakan langkah yang sangat tepat untuk memaksimalkan performa nya. Memang benar di saat Anda memilih jaringan 4G secara otomatis maka jika tidak ada jaringan tersebut di lokasi Anda berada akan turun ke jaringan 3G. Tapi dengan menggunakan cara ini sering sekali internet nya menjadi lemot. Memanfaatkan jaringan terkuat di sekitar lokasi tidak bisa di patokan secara maksimal.

3. Cek Kartu XL Yang Terpasang

Kejadian yang sering terjadi adalah kartu XL bergeser dari posisinya. Jadi sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu posisi kartu XL Anda pada tempat simcard yang tersedia di smartphone Anda. Apakah sudah pada posisinya atau malah bergeser. Jika hal tersebut terjadi maka secara otomatis kartu XL Anda tidak bisa digunakan sama sekali, alias tidak akan bisa memuncul sinyal.

Selain itu, cobalah untuk memerika kartu XL Anda apakah sudah di registrasi atau belum. Bila Anda lupa untuk mendaftarkan kartu XL tersebut, bisa dipastikan kartu XL Anda di blokir. Untuk melakukan registrasi kartu XL Anda bisa melakukan cara berikut ini :
  • Pelanggan Baru : Ketik DAFTAR#NIK#nomorKK (harus sesuai dengan yang tertera pada KK Anda) lalu kirim ke 4444
  • Pelanggan Lama : Ketik ULANG#NIK#nomorKK (harus sesuai dengan yang tertera pada KK) lalu kirim ke 4444

4. Cek APN (Access Point Names)

Seperti yang sudah dijelaskan di situs resmi xl.co.id tentang bagaimana cara mengatasi masalah jaringan internet. Berikut adalah cara dan langkah yang harus Anda lakukan :
  • Android terdapat di Setting > Mobile Network > Access Point Names
  • iOS terdapat di Setting > Celullar > Cellular Data Network : APN
  • BB OS 10 terdapat di Setting > Network Connection > Mobile Network > APN
  • Windows Phone terdapat di Setting > Cellular > Add APN
  • Gunakan APN "internet" tanpa username & password
  • Apabila belum ada, maka buat APN dengan nama : internet (huruf kecil)
  • Username & Password dikosongkan saja, lalu save.

5. Buat Laporan ke Forum XL

Cara dan langkah terakhir adalah dengan membuat laporan ke Forum XL. Dengan cara Anda harus mengirimkan Nomor Telepon, Tipe Smartphone yang Anda gunakan serta alamat lengkap Anda saat ini. Selanjutnya Anda tunggu beberapa hari, biasanya dalam waktu 3 hari sudah ada laporan hasilnya. Cara ini bisa Anda lakukan jika 4 cara diatas tidak maksimal atau tidak berhasil menimbulkan kembali sinyal XL di smartphone.

Itulah 5 trik jitu untuk mengembalikan sinyal XL yang tiba-tiba hilang. Semoga bermanfaat bagi Anda, dan silakan share ke akun medsos Anda agar yang lain bisa membaca artikel yang bermanfaat ini. Terima kasih.
Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+