Iklan

10 Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan

Lokerpaten.com
Juni 09, 2018, Juni 09, 2018 WIB Last Updated 2018-06-30T17:47:50Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
10 Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan
Bulan suci Ramadhan sebentar lagi sudah berakhir. Bagi para umat Islam diseluruh dunia akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Dimana Hari Raya identik dengan tradisi mudik lebaran. Tapi, sebelum Anda melakukan perjalanan mudik lebaran. Sebaiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak terjadi kendala yang bisa menghambat serta menunda perjalanan Anda.

Bagi kamu yang memilih mudik lebaran dengan menggunakan mobil, berikut adalah beberapa tips mudik lebaran yang wajib kamu ketahui dan lakukan supaya aman dan nyaman selama berada di perjalanan.

1. Periksa Daftar Barang Yang Akan Dibawa

Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran, langkah pertama yang sebaiknya harus kamu lakukan adalah periksa semua daftar barang yang akan dibawa. Hal tersebut dilakukan agar mencegah barang yang hendak dibawa tertinggal dirumah. Apalagi barang tersebut sangat penting, yang akan membuat mudik lebaran Anda jadi kurang maksimal.

2. Periksa Kendaraan Anda Sebelum Berangkat

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kondisi kendaraan Anda. Sebelum berangkat mudik lebaran, sebaiknya kamu sudah melakukan service kendaraan di bengkel resmi. Hal ini dilakukan supaya selama dalam perjalanan tidak terjadi masalah serius pada kendaraan. Jangan sampai terjadi kendala serta kerusakan karena Anda lupa dalam melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

3. Bawa Perlengkapan Otomotif

Jika sudah selesai memeriksa kondisi performa kendaraan Anda. Selanjutnya Anda harus persiapkan dan membawa perlengkapan otomotif yang akan diperlukan jika nanti mengalami kerusakan diperjalanan. Ban serap, dongkrak, obeng serta kunci-kunci lainnya merupakan hal wajib kamu bawa saat melakukan tradisi mudik lebaran. Walaupun kondisi kendaraan mu cukup prima untuk melakukan perjalanan jauh, membawa perlengkapan otomotif merupakan tips mudik yang akan bisa membantu mu menyelesaikan hal yang tidak diingkan selama diperjalanan.

4. Periksa Surat Kelengkapan Mobil

Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran. Sebaiknya kamu sudah jauh-jauh hari harus memastikan bahwa semua surat-surat kendaraan kamu, seperti STNK, SIM dan juga KTP lengkap serta masih berlaku masa aktifnya. Jangan sampai dalam perjalanan kamu ditilang pihak berwajib karena surat kendaraan dalam keadaan tidak berlaku. Misalkan pajak kendaraan sudah mati dan telat untuk melakukan perpanjangan. Jadi tips mudik yang satu ini sangat bermanfaat bagi keamanan dalam perjalanan mudik nanti.

5. Tidur Yang Cukup Sebelum Berangkat Mudik

Jika kamu ingin tidur, tempat yang paling nyaman ya tetap dikasur milik pribadi di rumah. Selama melakukan perjalan mudik lebaran, baik itu menggunakan transportasi udara, laut dan darat, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa memperoleh tidur yang berkualitas. Jadi sebaiknya kamu melakukan tidur yang cukup sebelum berangkat mudik agar kondisi tubuh tidak ngedrop selama perjalan.

6. Bawa Stok Makanan Yang Cukup

Jika Anda melakukan perjalanan mudik menggunakan pesawat dan kereta api, dapat dipastikan kamu tidak perlu khawatir dan repot untuk mempersiapkan bekal makanan yang akan disantap selama dalam perjalanan mudik. Karena bisa dipesan secara langsung di dalam pesawat ataupun kereta api. Namun, bisa kamu mudik menggunakan bus maupun mobil pribadi, membawa stok makanan yang bisa tahan lama adalah sangat penting. Karena untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan yang membuat sulit untuk mendapatkan makanan disekitar lokasi macet tersebut.

7. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Selama perjalanan mudik lebaran pasti kamu dan keluarga akan berada di perjalanan yang jauh dan melelahkan, terlebih lagi jika mengalami kemacetan. Agar membuat kamu dalam keadaan nyaman selama perjalanan mudik, kamu harus menggunakan pakaian yang nyaman. Seperti celana katun, baju kaos dan juga jaket yang tidak membuat gerah. Sebaiknya kamu tidak memakai pakaian ketat yang dapat membuat mu merasa tidak nyaman untuk bergerak.

8. Jangan Merokok Didalam Mobil

Walaupun Anda mudik lebaran menggunakan mobil pribadi milik Anda. Hal tersebut tidak membuat Anda untuk bisa bebas merokok, bukan? Apalagi jika kamu mudik lebaran dengan keluarga. Bisa dipastikan akan membuat penumpang lain yang berada didalam mobil tidak nyaman karena asap rokok tersebut. Lagi pula, aroma asap rokok akan susah hilan dan bisa bikin sesak nafas. Apalagi jika didalam mobil yang kamu kendarai terdapat penumpang anak bayi.

9. Bawa Peta Khusus Mudik Agar Tidak Nyasar

Walaupun terdengar jadul, dengan membawa peta akan membantumu yang tidak hafal jalan saat mudik bisa terhindar agar tidak nyasar. Apalagi jika kamu membawa peta khusus untuk mudik lebaran yang didalamnya terdapat banyak informasi tentang jalur mudik, posko lebaran, tempat istirahat, tempat makam, spbu dan lainnya.

10. Bawa Kotak P3K

Dalam melakukan perjalanan mudik lebaran pasti dikit banyaknya kamu akan mengalami beberapa masalah kesehatan tubuh, seperti badan pegal-pegal, masuk angin, mual dan pusing. Nah, inilah pentingnya kamu membawa kotak P3K yang didalamnya terdapat perlengkapan obat pegal-pegal, minyak angin, dan koyo. Yang akan kamu gunakan sebagai pertolongan pertama diperjalanan.

10 tips mudik lebaran ini akan membuat mudik tahun 2018 Anda aman dan nyaman di perjalanan. Supaya tidak bosan dan jenuh selama dalam perjalanan mudik, jangan lupa untuk menyiapkan hiburan ataupun kegiatan seru. Misalnya mendengarkan music, membaca buku atau pun mengambil foto pemandangan selama dalam perjalanan. Jika Anda mempunyai pertanyaan serta tambahan tentang 10 Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan. Silakan Anda tulis dikolom komentar yang tersedia dibawah.
Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+