Iklan

7 Cara Alami dan Cepat Mengatasi Rambut Rontok Akibat Penyakit Kebotakan

Lokerpaten.com
Juni 22, 2018, Juni 22, 2018 WIB Last Updated 2018-06-30T17:42:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
7 Cara Alami dan Cepat Mengatasi Rambut Rontok Akibat Penyakit Kebotakan
Bagi Anda yang masih berusia muda, pastilah tidak ingin mempunyai atau mengalami kebotakan pada rambut Anda. Baik disebabkan karena penyakit kebotakan atau dikarenakan rambut rontok. Alopecia Areata merupakan kondisi autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah, sampai akhirnya bisa mengalami kebotakan.

Lebarnya kebotakan yang sering dialami oleh penderita alopecia areata bisa berbeda-beda. Berikut ini merupakan cara alami yang banyak digunakan untuk mengobati rambut rontok dengan cara meningkatkan pertumbuhannya.

7 Cara Alami Untuk Mengobati Rambut Rontok Pada Penderita Alopecia Areata

1. Menggunakan Ginseng

Ginseng adalah merupakan tanaman herbal yang sangat terkenal berkat kandungan senyawa farmakologisnya. Ginseng yang mampu bekerja dengan sangat baik untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, salah satu tanaman herbal ini dipercaya bisa digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bagi orang yang menderita alopecia areata.

Berdasarkan hasil sebuah studi oleh Korea University College of Medicine pada tahun 2012, menemukan bahwa ginseng merah dapat menjadi pengobatan alama yang efektif bagi penderita alopecia areata.

Hingga kini, terdapat berbagai macam olahan ginseng yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada yang berbentuk tablet, bubuk, bahkan ada juga ginseng yang telah dikeringkan.

2. Menggunakan Jus Bawang

Pada saat penelitian dalam Journal of Dermatology yang melibatkan 38 orang penderita alopecia areata. Penelitian tersebut menyarankan penderita agar rutin memakai jus bawang ke area kepala yang terkena alopecia sebanyak dua kali dalam sehari.

Selama dua bulan percobaan sudah menunjukkan hasil, bahwa penderita alopecia yang tadinya memakai jus bawang telah mengalami pertumbuhan rambut yang jauh lebih lebat. Hal tersebut berbeda jauh bila dibandingkan dengan orang lain yang hanya memakai perawatan berbasis air keran dalam kurun waktu yang sama.

3. Mengelola Stres

Kembali lagi berdasarkan penelitian oleh Journal of Dermatology, stres sangat memainkan perannya yang mampu memicu kerontokan rambut parah sampai akhirnya menyebabkan alopecia areata.

Cara yang mungkin saja dapat membantu adalah dengan cara melakukan yoga dan meditasi. Efek tenang yang didapat dari yoga dan meditasi, bisa membantu Anda agar selalu untuk berpikir jernih.

4. Melakukan Hipnotis

Hipnotis ternyata tidak selalu berdampak negatif yang bisa merugikan orang lain. Sebetulnya hipnotis mempunya manfaat yang sangat menguntungkan bila digunakan dengan bener, salah satunya adalah bagi para penderita alopecia areata.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam Jpurnal of Clinical and Experimental Hypnosis, bahwa dari 21 orang yang menjadi peserta, 12 peserta diantaranya mengalami pertumbuhan rambut yang cepat usai menjalani hipnotis. Bukan hanya itu saja, semua peserta penelitian juga mengalami penurunan kecemasan dan depresi dengan pesat.

5. Memakai Minyak Rosemary

Minyak rosemary yang sering dipercaya khasiatnya untuk perawatan rambut. Dikarenakan minyak yang satu ini mampu mempercepat pertumbuhan serta melebatkan ketebalan rambut. Minyak rosemary bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme sel untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Berdasarkan penelitian dari International Academy of Cosmetic Dermatology, menunjukkan bahwa dengan cara mengoleskan minyak rosemary dengan cara rutin pada area kepala yang mengalami alopecia areata dapat memberikan hasil yang efektifnya sama seperti pemberian minoxidil. Minoxidil adalah salah satu pengobatan konvensional bagi yang menderita alopecia areata.

6. Memakai Minyak Lavender

Cara alami lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan penggunaan minyak lavender. Banyak manfaat yang diberikan oleh minyak lavender, diantaranya untuk meningkatkan pertumbuhan di setiap helai rambut. Karena minyak lavender berperan sebagai antioksidan kuat yang berguna mengurangi peradangan.

7. Konsumsi Makanan Sumber Seng

Menurut penelitian International Journal of Dermatology pada tahun 2016, menunjukkan hasil bahwa kadar seng yang rendah sering terjadi pada mereka yang mempunya masalah pada rambut rontok serta pada mereka yang menderita alopecia areata.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan seng tersebut, Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan seng yang tinggi. Contohnya bayam, kerang, kepiting, daging ayam, lobster, jamur, dan lain-lain.

Demikianlah 7 Cara Alami dan Cepat Mengatasi Rambut Rontok Akibat Penyakit Kebotakan saya ulas. Semoga sangat bermanfaat bagi seluruh pembaca yang sudah berkunjung. Jika Anda memiliki pertanyaan dan juga tambahan tentang topik yang saya ulas tadi. Silakan Anda kirim melalui komentar yang terdapat dibawah. Semoga bermanfaat.
Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+